Learning-Oriented Assessment (LOA) in Indonesian EFL Classrooms From Kurikulum 2013 to Merdeka

Main Article Content

ray suryadi
La Sunra
Syarifuddin Dollah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Learning-Oriented Assessment (LOA) dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) pada transisi Kurikulum 2013 (K-13) menuju Kurikulum Merdeka di Indonesia. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana filosofi penilaian dalam pendidikan Indonesia telah bergeser dan bagaimana prinsip-prinsip LOA diterapkan oleh para guru EFL di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan melibatkan guru EFL dari tiga SMP negeri di Kolaka yang aktif menerapkan Kurikulum Merdeka. Metode pengumpulan data meliputi wawancara semi-terstruktur, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran filosofi penilaian yang signifikan dari penilaian sumatif dan berbasis hasil di K-13 menuju penilaian formatif, diagnostik, dan autentik di Kurikulum Merdeka. Meskipun para guru memahami prinsip dasar LOA, implementasi yang konsisten masih terbatas, terutama dalam aspek penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penggunaan CEFR (Common European Framework of Reference) dalam penilaian juga teridentifikasi, meskipun penerapannya belum optimal. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat perubahan positif dalam praktik penilaian, masih ada tantangan besar dalam pelaksanaan LOA secara menyeluruh dan integrasi penuh dengan CEFR dalam konteks pendidikan EFL di Indonesia.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Learning-Oriented Assessment (LOA) in Indonesian EFL Classrooms From Kurikulum 2013 to Merdeka. (2025). Jurnal Sustainable, 8(2), 87-94. https://doi.org/10.32923/z4fn7925

References

Al Kamli, H. M., & Almalki, M. S. (2024). Learning-oriented assessment (LOA) implementation in EFL tertiary contexts: Towards a more task-based learning (TBL) environment. World, 14(1) 1–15. https://doi.org/10.5430/wjel.v14n1p1

Estaji, M., & Safari, F. (2023). Learning-oriented assessment and its effects on the perceptions and argumentative writing performance of impulsive vs. reflective learners. Language Testing in Asia, 13(1), 31. https://doi.org/10.1186/s40468-023-00230-8

Carless, D. (2015). Excellence in university assessment: Learning-oriented assessment in action. Routledge.

Estaji, M., & Safari, F. (2023). Learning-oriented assessment and its effects on the perceptions and argumentative writing performance of impulsive vs. reflective learners. Language Testing in Asia, 13(1), 31.

Gebril, A. (Ed.). (2022). Learning-oriented language assessment: Putting theory into practice. Routledge.

Ghotafani, F., Herdiawan, R. D., & Syarifah, E. F. (2023). Learning Assessment in Kurikulum Merdeka: Practice and Challanges in EFL Classroom. Papanda Journal of English Education, 2(2), 123-129.

Heydarnejad, T. (2023). Mirroring Learning-oriented Assessment in On-line Classes: The Nexus Between Self-evaluation, Academic Resilience, Positive Orientation, Enjoyment, and Language Achievement. Computer-Assisted Language Learning Electronic Journal, 24(2).

Lubis, S. K., & Syawalina, S. (2024). Learning Assessment in The Merdeka Curriculum: Diagnostic, Formative, and Summative. Jurnal PTK dan Pendidikan, 10(2), 105-112.

Naufalin, L. R., Anggraeni, A. I., & Janah, M. (2022). Factors influencing teacher readiness in implementing authentic assessment of Merdeka Curriculum. Dinamika Pendidikan, 18(2), 221–237. https://doi.org/10.15294/dp.v18i2.46968

Noning, Y., Felix, A., & Bera, S. (2023). Teachers’ understanding of formative assessment in English classes under Kurikulum Merdeka. Asian Journal of Educational Studies, 11(2), 77–89.

Novawan, A., Tosalem, S. M. P. A., Binarkaheni, S., & Mariana, E. R. (2023). Reflecting on the CEFR in the Indonesian context. Journal of English in Academic and Professional Communication, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25047/jeapco.v9i1.3754

Pujianto, D. (2023). Constructing a model of language proficiency assessment framework for Indonesian primary English teachers (Doctoral dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia.

Rasyid, M. N. A., Alfian, Djamereng, J., & Nurwahida. (2024). English language assessment in Indonesian senior high schools: Perceived challenges and prospective solutions. Journal on English as a Foreign Language, 14(1), 1–25. . https://doi.org/10.23971/jefl.v14i1.6963

Widodo, H. P., Fang, F., & Elyas, T. (2022). Designing English language materials from the perspective of Global Englishes. Asian Englishes, 24(2), 186-198.

Wulandari, Y., Asani, Y., & Jaya, I. (2025). Asesmen Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 42-47.