Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Irwansyah Irwansyah IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4214

Keywords:

Implementasi, Manajemen, Akidah Akhlak

Abstract

Penerapan manajemen pembelajaran penting dilakukan guna tercapainya tujuan pembelelajaran. Dalam implementasi manajemen pembelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Takengon, dilakuakn tahapan perencaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen pembelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX MIPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan tes. Analisa data dilakukan dengan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji validitas data, uji realibilat data, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired T-test pada variabel Prestasi belajar didapatkan nilai T-hitung 6,384 sedangkan nilai T-tabel sebesar 2,036. yang artinya Nilai THitung > Ttabel sehingga H1 diterima serta H0 ditolak, yang berarti manajemen pembelajaran aqidah akhlak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. (2023). Jurnal Sustainable, 6(2), 784-789. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4214