Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah dasar

Authors

  • Mardhiyah Mardhiyah UIN Suska Riau
  • Ade Saputra UIN Suska Riau
  • Dewi Wulandari Fahrezi UIN Suska Riau
  • Salfen Hasri UIN Suska Riau
  • Sohiron Sohiron UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4036

Keywords:

implementasi, sistem penjaminan mutu internal, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena secara komprehensif dengan menggali secara mendalam pengalaman subjek penelitian melalui pemanfaatan sarana deskriptif. Jenis penelitian ini melibatkan penggunaan berbagai metode ilmiah dan bergantung pada bahasa sebagai media komunikasi.Jenis data penelitian mengacu pada deskriptif kualitatif yang menjabarkan berupa kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Selanjutnya, langkah menganalisis data yaitu reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  sistem pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan harus dibangun dan dikembangkan secara nasional dalam upaya meningkatkan daya saing, citra, dan akuntabilitas publik. Akreditasi merupakan serangkaian proses dan sistem mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data mengenai kinerja satuan pendidikan.  Dua rekomendasi utama yang penulis kemukakan dalam upaya pengembangan dan peningkatan mutu sistem akreditasi sekolah/madrasah adalah (1) kebutuhan teknologi untuk sistem akreditasi sekolah/madrasah, dan (2) pengukuran dampak atau manfaat dari sistem akreditasi yang terintegrasi TIK.  Pemetaan Kebutuhan Teknologi Desain Sistem Komputerisasi Akreditasi Sekolah/Madrasah dilakukan untuk memberikan rekomendasi berupa pemetaan kebutuhan teknologi berupa sistem komputerisasi untuk menciptakan layanan prima yang sesuai dengan prinsip reformasi layanan dan undang-undang pelayanan publik.  Kegiatan penjaminan mutu tertuju pada proses untuk membangun kepercayaan dengan cara melakukan pemenuhan persyaratan atau standar minimum pada komponen input, komponen proses dan hasil atau outcome sesuai dengan yang diharapkan oleh stake holders. Implementasi Sistem penjaminan mutu di sekolah Dasar ini yang ada bersifat formal dan ada yang bersifat informal.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah dasar. (2023). Jurnal Sustainable, 6(2), 698-705. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4036

Most read articles by the same author(s)