Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN Karangwuluh

Authors

  • Muhammad Zulfikar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Aulia Anggit Hanwita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Aji Candra Wiguna Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Hastu Ikhsan Winantyo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3974

Keywords:

hasil belajar IPS, Metode Problem Solving

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo. Masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimanakah penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo? Tujuan penelitian adalah unuk mendiskripsikan penerapan penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo. Fokus dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Metode pembelajaran Problem Solving dan Hasil Belajar IPS. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi dan Tes. Teknik Analisis  data adalah Reduksi data, Penyajian data,  Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Karangwuluh Temon Kulon Progo.

Downloads

Published

2023-12-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN Karangwuluh. (2023). Jurnal Sustainable, 6(2), 413-420. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3974