Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan Ngawi Jawa Timur

Authors

  • Samsirin Samsirin Universitas Darussalam Gontor
  • Syarifah Syarifah Universitas Darussalam Gontor
  • Siti Ane Barkah Universitas Darussalam Gontor
  • Aisyah Rahma Elfani Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3632

Keywords:

Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam, ekstrakurikuler

Abstract

Improvisasi pembelajaran sebagai suatu aktivitas yang dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran dengan mengembangkan dan memperkaya persiapan pembelajaran yang dibuat dengan tujuan pembelajaran lebih baik dan berkualitas. Pendidikan merupakan suatu hal sangat harus diperhatikan oleh semua bangsa, karena pendidikan memiliki kaitan erat dengan kesuksesan generasi selanjutnya di masa yang akan mendatang. Peran seorang guru terutama dalam Pendidikan Agama Islam dirasa perlu dalam memajukan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan, Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru untuk memajukan pendidikan Islam dengan hasil penelitian bahwasanya guru Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh dalam kemajuan pendidikan Islam. Kegiatan ekstrakulikuler yang diantaranya terdiri dari pidato, Tahfidz, pramuka, pencak silat, menjadi peran guru pai dalam menigktakan kualitas pemebelajaran.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan Ngawi Jawa Timur. (2023). Jurnal Sustainable, 6(1), 195-201. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3632

Most read articles by the same author(s)