Strategi Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problematika Penyandang Disabilitas

Authors

  • Nurullita Almunawaroh
  • Dahlia Fitri Ichsanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Zakariya Abdullah
  • Widyan Zulda Mahira
  • Difa`ul Husna Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2944

Keywords:

strategi pendidikan islam, tuna wicara

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu tempat tersalurnya semua proses pembelajaran, sistematika dalam belajar mengajar pada setiap lembaga pendidikan cukup peduli dalam memandang penyandang disabilitas terutama dalam pendidikan islam. Pendidikan islam tidak hanya mencangkup tentang keilmuan islam tapi juga mencangkup penyandang disabilitas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa islam memberi keistimewaan pada beberapa ciptaan Allah SWT, islam mengajarkan bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan ciptaan-Nya. Artikel ini ditulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pendidikan Islam dalam mengatasi problematika yang terjadi pada penyandang disabilitas (tuna wicara) menurut prespektif pendidikan Islam. Pada realitanya penyandang disabilitas masih mendapat stigma negatif atau diskriminasi di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research yaitu, dengan mengumpulkan sumber dan informasi dari bacaan berupa buku atau pun artikel yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam sangat penting untuk mengatasi masalah-masalah yang berada dalam lingkup penyandang disabilitas (tuna wicara).

Downloads

Published

2022-12-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Pendidikan Islam Dalam Mengatasi Problematika Penyandang Disabilitas. (2022). Jurnal Sustainable, 5(2), 397-407. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2944