Sumber Belajar dan Penyajian Materi Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PAK

Authors

  • Baginda Sitompul IAKN Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2604

Keywords:

Sumber belajar; penyajian materi; ICT

Abstract

Penggunaan Information and Communication Technology (ICT) oleh tenaga pendidik dalam mencari materi pembelajaran serta kemampuan menyajikan materi berbasis ICT merupakan kebutuhan mendasar di era perkembangan revolusi industry saat ini. Tenaga pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang juga masuk di dunia pendidikan secara khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK). Perkembangan ICT menjadi tantangan bagi tenaga pendidik, sebab penggunaan ICT tidak hanya kemampuan mencari dan mengeksplorasi sumber belajar menggunakan internet tetapi juga kemampuan menyajikan materi berbasis ICT. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan berbagai literature. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan penggunaan ICT dalam mencari sumber belajar dan penerapan penyajian materi berbasis ICT dalam pembelajaran. Kesimpulannya, di era revolusi industry saat ini, tenaga pendidik harus mampu menggunakan ICT dalam mencari sumber belajar dan menggunakan ICT dalam penyajian materi sebagai salah satu solusi menghadapi perkembangan ICT dalam dunia pendidikan.

References

Ahmad Rizali, dkk, Dari guru konvensional menuju guru professional, (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009), 3
Akbar Iskandar,dkk, Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020), 5
Ananda Dwitha Yuniar, Book Chapter Literasi Digital: Tren, Tantangan dan Peluang (Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021), 1
Andi Prastowo, Sumber belajar dan pusat sumber belajar, (Depok: Kencana, 2018), 28
Aria Indah Susanti, Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (Jawa Timur: Penerbit NEM, 2021), 1
Andrew Fernando, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020), 5
Akabar Iskanda, dkk, Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK, (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020), 50
Ariawan, Sandy, Etika Guru Pendidikan Agama Kristen, (Jateng: CV Pena Persada, 2020), 67.
Farid Ahmadi, Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi, (Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2017), 138
Hj. Hamdanah Said, Media Pembelajaran Berbasis ICT, (Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press, 2019) 22
Inanna, dkk, Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran, (Tangerang: Tahta Media Group, 2022 ), 3
Indah Susanti, Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (Jawa Timur: Penerbit NEM, 2021), 11
Mahyudin Ritonga, dkk, Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0, (Yogyakarta: Deepublish, 2020), 24
Nanda Septiana, ICT Dalam Pembelajaran, (Jawa Timur: Duta Media Publishing, 2019), 2
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007), 77

Nasrulloh, Iman.,& Ismail, Ali. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK Volume 3, Nomor 1.
( link: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/viewFile/355/359 )
Rahmawati, Nofiana Ika. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA 1
(link: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606 )
Giarti, Sri. (2016). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Berbasis Ict. Satya Widya, Vol. 32, No.2.
(link: https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p117-126 )

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sumber Belajar dan Penyajian Materi Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PAK. (2022). Jurnal Sustainable, 5(1), 160-166. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2604