Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Yurinda Withasari Dosen IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Kata Kunci:

Klasifikasi, big book, Pengaruh

Abstrak

Klasifikasi merupakan kegiatan memilih, memisahkan, mengelompokkan dan menyusun bentuk, warna dan ukuran yang sama. Kegiatan belajar mengklasifikasi untuk anak meliputi memilih dan mengelompokkan berbagai obyek-obyek yang konkret. Anak-anak bisa memilih benda dengan bentuk, warna, dan ukuran yang sejenis maupun berbeda. Kegiatan mengklasifikasi berhubungan dengan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini, anak bisa menentukan benda apapun yang sejenis baik itu dari bentuk, warna maupun ukurannya. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh media big book terhadap kemampuan mengklasifikasi pada anak usia dini. Kemampuan mengklasifikasi menjadi penting untuk dipelajari oleh anak usia dini agar dapat memecahkan masalah yang dihadapinya sendiri di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu alat bantu dalam membantu anak untuk mengembangkan kemampuan mengklasifikasi adalah adanya media. Media merupakan hal penting untuk menstimulasi anak, agar anak mampu mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam dunia pendidikan media biasa disebut dengan media pembelajaran. Media pembelajaran dibuat agar anak bisa lebih memahami dan mengasah kemampuan mereka di berbagai aspek perkembangan. Media merupakan hal penting dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, guru dapat menggunakan media big book sebagai salah satu alternatif dalam menstimulasi kemampuan mengklasifikasi pada anak usia dini. Dengan penggunaan big book  diharapkan bisa membantu anak dalam meningkatkann kemampuan mengklasifikasi benda-benda konkret yang ada di sekitar anak. Media big book akan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif, khususnya pada kemampuan klasifikasi pada anak usia dini.  

Diterbitkan

2019-12-27

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia Dini. (2019). NOURA: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 3(2), 21-41. https://rumahjurnal.iainsasbabel.ac.id/nou/article/view/1046