Urgensi Nilai-Nilai Esoteris Pada Kitab Al Munkid Minad Dhalal Karya Imam Alghazali Terhadap Pendidikan Islam dalam Mempersiapan Generasi Indonesia Emas 2045
DOI:
https://doi.org/10.32923/edois.v3i1.5416Keywords:
Nilai-nilai esoteris, Pendidikan Islam, Generasi Indonesia Emas 2045Abstract
Menuju 100 Tahun kemerdekaan Negara Indonesia dalam mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2045, negara dengan segala perencanaan dan strategi untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran. Telah disusun dalam Visi Indonesia 2045 Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur oleh Kementerian PPN/Bappenas pada Tahun 2019, dan disahkan dalam UU Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2024 tentang RPJPN 2025-2045.
Dalam konteks mempersiapkan generasi emas 2045, nilai-nilai esoteris dapat menjadi landasan bagi pendidikan Islam yang lebih kuat dan komprehensif. Nilai-nilai esoterik sebagai ruhnya agama akan menghantarkan generasi yang berkarakter dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh dampak kemajuan, memiliki ketahanan mental, mendorong tumbuhnya generasi yang inovatif, kritis, dan mampu menghadapi tantangan zaman.
Kitab Al-Munqid Min ad-Dhalal Karya Imam al-Ghazali dengan perjalanan spiritualnya, menawarkan perspektif nilai-nilai esoteris yang harus ditanamkan dan dimiliki generasi, agar mereka mampu hidup ditengah-tengah tantangan dan kemajuan. Dengan demikian, nilai-nilai esoteris dalam Kitab Al-Munqidz Min ad -Dhalal dapat menjadi rujukan penting dalam merumuskan implementasi dan integrasi pendidikan Islam yang relevan dan mampu menghasilkan generasi emas Indonesia 2045 yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki spiritual yang kuat dan kepribadian yang seimbang .




