Media Pocket Book Untuk Meningkatkan Kemandirian belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabiilul Muhtadiin Jada Bahrain

Authors

  • Permata Sari IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muhamad IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Anna Musyarofah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32923/5n0wsk32

Keywords:

Media Pocket Book Belajar Mandiri Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pocket Book   sebagai media belajar mandiri bahasa Arab pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabiilul Muhtadiin Jada Bahrain, dan untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Pocket Book   dengan jumlah siswa 26 orang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model R&D terdiri dari empat tahap utama: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.

hasil penelitian dan pengembangan media belajar bahasa arab berbasis Pocket Book  , menurut ahli media Pocket Book   memiliki kualitas 93,2% dikategorikan sangat Valid, menurut ahli bahasa Pocket Book   memiliki kualitas 96% dikategorikan sangat valid, menurut ahli materi  Poocket Book memiliki kualitas 88% dikategorikan sangat valid. untuk angket respon siswa diperoleh sebesar 97,08 dikategorikan sangat tinggi, untuk hasil pre test diperoleh dengan mean 34,54 dan untuk hasil post test diperoleh dengan mean 88,81.

Jika hasil ini disesuaikan dengan masing-masing tabel kriteria para ahli validasi dan uji efektivitas produk melalui SPSS 25 for windows, maka media Pocket Book dinilai sangat efektif dan sangat layak untuk dijadikan media Pembelajaran Bahasa Arab.

References

Aciana Jehanut, Maria “Pembelajaran menggunakan Pocket Book untuk Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Selama Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Empowerment and Community Service, Vol. 1, No. 01 November 2021.
Akbar Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Arsyad, Azhar Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya , Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Hamidiyah, Athiyatul dan Anindya Fajarini, “Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Ensiklopedia pada mata pelajaran IPS untuk Materi Pra-Melek Huruf”, Heritage: Journal of Social Studies, Vol. 3, No. 1 Juni 2022.
Mudjiman, Haris, Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning), Surakarta: LPP UNS dan UNS Press, Cetakan 2, April 2009.
Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati, Metode Permainan-Permainan Edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab, Yogyakarta: DIVA Press, 2011.
Nur Sa’adah, Risa dan Wahyu, Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif , Malang: Literasi Nusantara, 2020.
Rudi, Susilana dan Riyana Cepi, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV wacana prima, 2009.
Setiyaningrum, “Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, No. 2 Agustus 2020.
Sudjana, Nana, dkk, Media Pengajaran , Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Sutarti Tatik, dan Edi Irawan, Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan , Jakarta: Deepublish, 2017.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Media Pocket Book Untuk Meningkatkan Kemandirian belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabiilul Muhtadiin Jada Bahrain. (2025). AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 5(2), 87-99. https://doi.org/10.32923/5n0wsk32