Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • andri ardiansyah Universitas Ibn Khaldun bogor
  • Siti Khairiyyah Husna Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4354

Keywords:

Literasi Qur'ani, Peran Guru dalam Pendidikan, Motivasi Siswa

Abstract

Al-Qur’an berperan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia agar selamat dan tidak tersesat. Oleh karena itu, pembelajaran Al-Qur’an perlu dimulai sejak dini karena kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak peserta didik yang kurang peduli terhadap pembelajaran Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh kurangnya bimbingan dan arahan dari guru atau orang tua serta kemalasan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan mengkaji dan menganalisis berbagai jurnal, artikel, buku, skripsi, dan prosiding yang berkaitan dengan topik ini. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat peserta didik antara lain: 1) Menjadi Uswatun Hasanah (teladan yang baik), 2) Memberi motivasi, 3) Menerapkan program pembiasaan, 4) Memberi reward (apresiasi), dan 5) Memberi punishment (hukuman). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada peserta didiknya. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya, dan keberhasilan peserta didik bergantung pada kualitas seorang guru .

Downloads

Published

2024-09-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. (2024). Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 31-39. https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4354