Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32923/sci.v9i1.4354Keywords:
Literasi Qur'ani, Peran Guru dalam Pendidikan, Motivasi SiswaAbstract
Al-Qur’an berperan sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi manusia agar selamat dan tidak tersesat. Oleh karena itu, pembelajaran Al-Qur’an perlu dimulai sejak dini karena kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak peserta didik yang kurang peduli terhadap pembelajaran Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh kurangnya bimbingan dan arahan dari guru atau orang tua serta kemalasan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an pada peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan mengkaji dan menganalisis berbagai jurnal, artikel, buku, skripsi, dan prosiding yang berkaitan dengan topik ini. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat peserta didik antara lain: 1) Menjadi Uswatun Hasanah (teladan yang baik), 2) Memberi motivasi, 3) Menerapkan program pembiasaan, 4) Memberi reward (apresiasi), dan 5) Memberi punishment (hukuman). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada peserta didiknya. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pemudanya, dan keberhasilan peserta didik bergantung pada kualitas seorang guru .
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish journals in Scientia: Jurnal Hasil Penelitian agrees with the following conditions:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Every publication (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.







