MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI MELALUI ALAT PERAGA MATERI SIFAT-SIFAT MAGNET KELAS V SDN 13 KELAPA
DOI:
https://doi.org/10.32923/dla.v2i2.3833Keywords:
Media, Komunikasi, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertopik tentang media pembelajaran sebagai sarana komunikasi melalui alat peraga materi sifat-sifat magnet kelas v sdn 13 kelapa. Penyebab rendahnya peningkatan pembelajaran yaitu kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan teknik pembelajaran yang baik sehingga pembelajaran tidak tercapai dengan optimal. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga benda-benda magnetik yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Perbaikan yang dilakukan dalam 3 periode siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Kelapa tentang sifat-sifat magnet dengan menggunakan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai pada Siklus III sebesar 7,7. Dari perolehan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran siswa kelas V SDN 13 Kelapa dapat berhasil dengan baik.





