MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI MELALUI ALAT PERAGA MATERI SIFAT-SIFAT MAGNET KELAS V SDN 13 KELAPA

Authors

  • Pasti Pasti Penilik UPT Kecamatan Kelapa Bangka Barat, Indonesia
  • Pani Azpa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32923/dla.v2i2.3833

Keywords:

Media, Komunikasi, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertopik tentang media pembelajaran sebagai sarana komunikasi melalui alat peraga materi sifat-sifat magnet kelas v sdn 13 kelapa. Penyebab rendahnya peningkatan pembelajaran yaitu kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan teknik pembelajaran yang baik sehingga pembelajaran tidak tercapai dengan optimal. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga benda-benda magnetik yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Perbaikan yang dilakukan dalam 3 periode siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Kelapa tentang sifat-sifat magnet dengan menggunakan media pembelajaran sebagai sarana komunikasi pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai pada Siklus III sebesar 7,7. Dari perolehan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran siswa kelas V SDN 13 Kelapa dapat berhasil dengan baik.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI MELALUI ALAT PERAGA MATERI SIFAT-SIFAT MAGNET KELAS V SDN 13 KELAPA. (2023). JURNAL DIALOKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(2), 120-139. https://doi.org/10.32923/dla.v2i2.3833