Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar IPS Di SMPN 03 Pontianak

Authors

  • Arjun Wahyudi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32923/edugama.v11i2.5693

Keywords:

Interaksi teman sebaya, Hasil belajar, Mata pelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 03 Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel terdiri dari 140 peserta didik kelas VIIc sampai VIIi dari total populasi 217 peserta didik. Data interaksi teman sebaya dikumpulkan melalui angket kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25, menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki tingkat interaksi yang moderat (65,71%), diikuti tingkat tinggi (20,71%), dan rendah (10%). Hasil belajar peserta didik diukur berdasarkan nilai Ulangan Harian Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) 80. Melalui uji korelasi Spearman, ditemukan adanya hubungan negatif yang signifikan (koefisien -0,529) antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar, menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas interaksi teman sebaya, semakin rendah pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa meskipun interaksi teman sebaya penting bagi perkembangan sosial-emosional peserta didik, interaksi yang tidak diarahkan pada aktivitas pembelajaran dapat mengalihkan fokus dan berdampak negatif pada hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Hasil Belajar IPS Di SMPN 03 Pontianak . (2025). Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(2), 132-150. https://doi.org/10.32923/edugama.v11i2.5693