Analisis Kesesuaian Praktik Etika Profesi Guru BK dengan Standar ABKIN di Sekolah SMP, SMA, dan SMK

Authors

  • NAELUL MUNA UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU

DOI:

https://doi.org/10.32923/dzv51170

Keywords:

Etika Profesi, Guru Bimbingan dan Konseling, Kode Etik ABKIN

Abstract

Implementasi etika profesi guru bimbingan dan konseling (BK) di sekolah masih menghadapi tantangan dalam penerapan prinsip-prinsip kode etik secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian praktik etika profesi guru BK dengan standar Kode Etik ABKIN di jenjang SMP, SMA, dan SMK. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus kolektif pada tiga sekolah negeri di Kabupaten Indramayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan etika profesi guru BK secara umum sudah sesuai standar, terutama dalam hal asas kerahasiaan, hubungan konselor-konseli, dan penghargaan terhadap siswa. Namun, terdapat perbedaan implementasi antarjenjang yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan guru, budaya sekolah, dan akses terhadap sumber daya. Guru BK juga menunjukkan kesadaran etik yang tinggi, meskipun belum semua memahami secara sistematis bentuk pelanggaran dan sanksinya. Kesimpulannya, praktik etika guru BK sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan melalui pelatihan etik dan penguatan kolaborasi lintas profesional sebagai upaya peningkatan kualitas layanan konseling sekolah.

References

[1] Suryani R, Tarigan EA, Pangesty HA, Putri KA, Tarigan WA. Kompetensi Guru BK SMA Negeri 10 Medan dalam Memahami Kode Etik Profesionalisme Seorang Guru Bimbingan dan Konseling. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga. 2023 Jan 6;5(1):286-92.

[2] Purnamasari Y, Budiman N, Nadhiroh NA. Etika Dalam Pelaksanaan Konseling Online Ditinjau Dari Kode Etik Abkin. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2024 May 4;11(1):30-43.

[3] Ramadhani TR, Pakpahan RO, Sitio DA, Pratiwi SA, Syafitri RA. Perbedaan Prinsip Profesi Guru BK dan Rekan Sejawat di SMP Negeri 1 Tanjung Balai. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2024 Oct 9;1(4):353-65.

[4] Harahap AP, Darus AR, Siregar MA, Rahmadana W. Analisis Pemahaman Kode Etik Profesi Konseling Pada Guru Bimbingan dan Konseling di MAN. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik). 2022 Nov 18;6(2):101-10.

[5] Froeschle JG, Crews C. An Ethics Challenge for School Counselors. Journal of School Counseling. 2010;8(14):n14.

[6] Putri CA, Tagela U, Windrawanto Y. Studi Tentang Tugas Perkembangan Siswa dalam Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal Wahana Konseling. 2022 Sep 28;5(2):115-24.

[7] Stauffer MD, Ordway AM, Owen L. Ethical and legal considerations in counseling. InIntroduction to the Counseling Profession 2013 Jun 7 (pp. 117-142). Routledge.

[8] Kusmiati M, Rohmatullah N. Pentingnya Sikap Profesional untuk Meningkatkan Kepercayaan Konseli terhadap Konselor. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam. 2023;22(1):1-6.

[9] Levitt DH, Farry TJ, Mazzarella JR. Counselor ethical reasoning: Decision‐making practice versus theory. Counseling and Values. 2015 Apr;60(1):84-99.

[10] Asosiasi Bimbingan dan Konselin Indonesia, Kode Etik Bimbingan dan Koseling Indonesia, 2018.

[11] Sare YD, Hidayah N, Rahman DH. Historical guidance and counseling perspective in Indonesia. In6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020) 2020 Dec 4 (pp. 389-392). Atlantis Press.

[12] Khusnah AA, Qurrotussalwa F, Ningtyas NM. Standar Kompetensi Konselor Multibudaya: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin. 2025 Juni 6;9(6):1-13.

[13] Prayitno, Amti E. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, 2013, Jakarta: Rineka Cipta.

[14] Adison J, Suryadi S. The Role of BK Teachers in Shaping Students' Personality to Become Superior Persons for Class XI Science SMAN 1 Koto XI Tarusan. Holistic Science. 2022 May 26;2(2):76-81.

[15] Gysbers N, Henderson P. Developing and Managing Your School Guidance Program. 1988:365.

[16] Ledyard PA. Counseling minors: Ethical and legal issues. Counseling and Values. 1998 Apr;42(3):171-7.

[17] Salsabilla FP. Literature Review: Confidentiality Issues Between Guidance and Counceling Teachers and Colleagues. Psikoeduko: Jurnal Psikologi Edukasi dan Konseling. 2023;3(2):1-6.

[18] Sujadi E. Kode etik profesi konseling serta permasalahan dalam penerapannya. Tarbawi: Jurnal ilmu pendidikan. 2018 Dec 10;14(2):69-77.

[19] Yurika RE, Nugroho AR. Implementasi Nilai-Nilai kebudayaan Dalam Praktik bimbingan Dan Konseling di Indonesia [implementation of cultural values in guidance and counseling practices in Indonesia]. Journal of Contemporary Islamic Counselling. 2022 Apr 30;2(1):23-40.

[20] Maulida SN, Budiman N, Nadhirah NA. Student Views of BK Teacher Profiles in Terms of BK Professional Ethics. Journal of Education and Counseling (JECO). 2023 Aug 15:37-46.

[21] Fiantika, FR, dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2022. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

[22] Neuman WL. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. 2019. Jakarta: Permata Puri Media.

[23] Braun V, Clarke V. Using thematic analysis in psychology. Qualitative research in psychology. 2006 Jan 1;3(2):77-101.

[24] Rogers, C. R. (1957). The necessary and sufficient conditions of therapeutic personality change. Journal of Consulting Psychology, 21(2), 95–103.

[25] Diver-Stamnes AC. Assessing the effectiveness of an inner-city high school peer counseling program. Urban education. 1991 Oct;26(3):269-84.

[26] Milaturokhah N, Nugraha MY. Guidance And Counseling In Junior High School (SMP) And High School (SMA). Asesment: Journal Of Counseling Guidance. 2023 Jun 26;1(1):29-33.

[27] Corey G. Theory and practice of counseling and psychotherapy. Brooks/Cole Cengage Learning; 2013.

[28] Valica M, Rohn T. Development of the professional competence in the ethics teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 2013 Dec;106(1):865-72.

[29] Nofianti A, Hidayah N, Rahman DH. Problematic Implementation of Counseling in Schools Based on Counselors’ Code of Ethics. In6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020) 2020 Dec 4 (pp. 104-106). Atlantis Press.

[30] Tebala GD, Slack Z, Fantini V, Masato S, Parla M, Cirocchi R, Di Saverio S. Professional responsibility between guidelines and customary practice. A conflict of interest?. Medical Hypotheses. 2022 Jan 1;158:110737.

Downloads

Published

2025-11-22

How to Cite

Analisis Kesesuaian Praktik Etika Profesi Guru BK dengan Standar ABKIN di Sekolah SMP, SMA, dan SMK. (2025). Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 5(2), 117-132. https://doi.org/10.32923/dzv51170