Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SDN 7 Lubuk Besar

Authors

  • Ummul Mu'minah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32923/lenternal.v2i1.2133

Keywords:

Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Peduli Lingkungan

Abstract

Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini mutlak dibutuhkan alternatif-alternatif yang praksis dalam pengejawantahan karakter peduli lingkungan. Dari apa yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam setidaknya menggambarkan hal tersebut bahwa seiring perkembangan zaman, karakter  peduli  lingkungan  harus terus ditanamkan  pada  umat,  terutama  pada peserta didik sekolah dasar (SD) sebagai langkah awal pemebentukan karakter anak bangsa.

Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan melalui peran guru Pendidikan Agama Islam di SDN 7

Lubuk Besar. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui wawancara mendalam kepada guru Pendidikan Agama Islam dan diperkuat dengan observasi serta dokumentasi berupa data umum SDN 7 Lubuk Besar dan gambar-gambar kondisi lingkungan di SDN 7 Lubuk Besar. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian dibenturkan  dengan  teori-teori  yang relevan  agar  didapat  gambaran komprehensif atas kondisi obyektif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam

membentuk karakter peduli lingkungan di SDN 7 Lubuk Besar ternyata mampu menjadi salah satu solusi alternatif dalam membentuk dan mengembangakan karakter peduli lingkungan peserta didik, khususnya pada peserta didik sekolah dasar (SD).

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di SDN 7 Lubuk Besar. (2021). LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 2(1), 43-55. https://doi.org/10.32923/lenternal.v2i1.2133