Latsar Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Mata Diklat Akuntabilitas Pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negri Sipil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019

Authors

  • Enny Habibah BKPSDMD Prov.kep.Babel

DOI:

https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i3.1390

Abstract

Inovasi pembelajaran merupakan  upaya penemuan atau pembaharuan dalam sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik,  efektif dan efisien, hal  mutlak harus dilakukan oleh widyaiswara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas  model pembelajaran jigsaw yang diterapkan untuk mata diklat Akuntabilitas kepada 320 peserta  pelatihan dasar CPNS  di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019. Penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif, menggunakan alat ukur berupa kuesioner yang berisi daftar pertanyaan yang berhubungan dengan variabel kajian. Hasil penelitian menunjukkan 18,125 % peserta menyatakan model pembelajaran Jigsaw sangat efektif diterapkan untuk mata diklat Akuntabilitas, 71,250 peserta menyatakan model pembelajaran jigsaw efektif diterapkan untuk mata diklat Akuntabilitas, 8,125% peserta menyatakan  model pembelajaran jigsaw kurang efektif  diterapkan untuk mata diklat Akuntabilitas dan 2,50% peserta menyatakan penerapan model pembelajaran jigsaw tidak efektif untuk diterapkan pada mata diklat Akuntabilitas pelatihan dasar CPNS. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw sangat efektif diterapkan untuk mata diklat Akuntabilitas pada pelatihan dasar CPNS Provinsi kepulauan Bangka Belitung tahun 2019.

Downloads

Published

2020-10-06

How to Cite

Latsar Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Mata Diklat Akuntabilitas Pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negri Sipil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019. (2020). LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(3), 105-113. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i3.1390