Maharah Istima' Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Penutur Asli Persepektif Muhammad Kamil An-Naqoh

Maharah Istima' Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Penutur Asli Persepektif Muhammad Kamil An-Naqoh

Authors

  • Hikmatuddiniah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ela Isnani Munawwaroh IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Dailatus Syamsiah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32923/60v73558

Keywords:

Maharah Istima', Pembelajaran Bahasa Arab, Non Penutur Asli

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya Maharah Istima' (kemampuan mendengar) dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi non-penutur asli, dengan fokus pada pendekatan yang dikembangkan oleh Muhammad Kamil An-Naqoh. Latar belakang penelitian ini didasari oleh tantangan yang dihadapi oleh non-penutur asli dalam memahami dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab, yang sering kali disebabkan oleh kurangnya keterampilan mendengar yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep Maharah Istima' menurut An-Naqoh, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran keterampilan ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Maharah Istima' yang berbasis pada teori An-Naqoh dapat meningkatkan kemampuan mendengar non-penutur asli. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama, seperti kesulitan siswa dalam fokus, memahami aliran suara, dan merespons dengan tepat. Selain itu, pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menggunakan metode pengajaran yang sesuai juga ditekankan. Rekomendasi yang diberikan mencakup perlunya integrasi aspek fonetik, semantik, gramatikal, dan morfologi dalam pengajaran, serta penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metodologi pengajaran Bahasa Arab, khususnya dalam meningkatkan keterampilan menyimak bagi non-penutur asli.

References

Ahmad, Rusydi, Mahmud Kamil, and An-naqah Opinions. 2022. “ةيبرعلا ةغللا ميلعج يف ةقا نلا لماك دومحمو ةميعط دمحأ يدشر ةركف يلاصثالإ لخدلما ءوض ىلع” 6 (2): 613–32.
Amelia, Siti Sarah. 2023. “Dakwah Islam Dalam Dunia Pendidikan Bahasa Arab Untuk Membentuk Generasi Muslim Yang Sadar” 4 (2): 163–82. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v4i2.4494.
Annisa, Maryam Nur, Dian Arista, Yadin La Udin, and Wildana Wargadinata. 2023. “Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik).” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 12 (2): 468. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023.
Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. 2022. “Case Study Method in Qualitative Research.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3 (01): 1–9.
Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. 2020. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19 (1): 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344.
Azmi, Ulul, Suparmanto Suparmanto, Haidar Daulay, and Hasnan Azkiya. 2024. “Studi Kasus Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mata Kuliah Maharatul Istima’ Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FTK UIN Mataram.” Siyaqiy: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab 1 (2): 60–67. https://doi.org/10.61341/siyaqy/v1i2.006.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif” 21 (1): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fawaid, Achmad. 2016. Pengantar Penulisan Akademik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1st ed. Yogyakarta.
Hayatunnisa, St, and Hanafi. 2024. “Penerapan Media Aplikasi Fun Easy Learning Terhadap Penguasaan Kosakata Peserta Didik Di Mts Darul Jalal.” Journal on Education 06 (02): 13196–205.
Hijriyah, Umi. 2016. Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.
Jack C. Richards, Richard W. Schmidt. 2013. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. London: Routledge.
Lutfiyatun, Eka. 2022. “Optimasi Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Dengan Media Youtube.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 7 (1): 1–14. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4821.
Mujaddidi, Muslim Al, Ruly Nadian Sari, and Dwi Rohmadi Mustofa. 2021. “ANALYSIS OF LEARNING MAHAROTUL ISTIMA ’ IN SMP QURAN DARUL IKHLAS PRINGSEWU Learning Arabic , Because It Is an Excellent Program in Creating Students ’ Understanding and ِّ ُ ج ر خ َ أ لل َّ ِّ ُ ط ب ن م ل ُ ِّ ت ه َ م ه ُ أ نو َ و م َ ن ْ َ ـت ل َ َ م َ,” 29–33.
Mutasim, Imam. 2020. “Upaya-Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah 1 LIKHITAPRAJNA 22 (1): 2580–4812.
Prakasa, Fahreza. 2023. “Pembelajaran Menyimak Bahasa Arab Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Indonesian Journal of Applied Linguistics Review 4 (1): 43–48. https://doi.org/10.21009/ijalr.41.05.
Ridwan, Mohammad. 2023. “Membuka Wawasan Keislaman: Kebermaknaan Bahasa Arab Dalam Pemahaman Islam.” Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan 4 (2): 102–15. https://doi.org/10.51190/jazirah.v4i2.100.
Silmy, Ahmad Nahidl, Rahmat Hidayat Lubis, Yusvita Kusuma Wardani, and Annisaa Ismahani. 2024. “Urgensi Metode Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Alam Pembelajaran Bahasa Arab (Bagi Penutur Non-Arab)” 4 (2).
Wahab, Muhbib Abdul. 2014. “Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1 (1). https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1127.
الناقة, محمد كامل. 1980. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغاة الأخرى -Pdf. مكة المكركة.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Maharah Istima’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Penutur Asli Persepektif Muhammad Kamil An-Naqoh: Maharah Istima’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Non Penutur Asli Persepektif Muhammad Kamil An-Naqoh. (2025). AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 5(2), 77-86. https://doi.org/10.32923/60v73558