تأثير استخدام وسائل الإيضاح في استيعاب المفردات لدى الطلبة بمدرسة خزائن العلوم المتوسطة لامونجان

The influence of using educational teaching aids on students vocabulary mastery at Mts Khazainul Ulum Lamongan

Authors

  • Muh Sabilar Rosyad Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Roikhatul Jannah Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik, Indonesia
  • M Rondi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v4i1.4174

Keywords:

Alat Peraga Pendidikan, Kosakata, Bahasa Arab

Abstract

Alat peraga pendidikan diharapkan dapat menjadi sarana yang digunakan guru dalam mensukseskan proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap penguasaan kosakata di kalangan siswa kelas dua MTs Khozainul Ulum Lamongan, serta mengungkap sejauh mana korelasi antara penggunaan alat peraga dalam menguasai kosakata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, sumber data diperoleh dari hasil pengalaman belajar siswa melalui observasi, angket dan tes. Data tersebut selanjutnya dianalisis melalui analisis statistik (statistical product moment). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata siswa kelas dua MTs Khozainul Ulum Lamongan berdasarkan hasil analisis data yaitu sebesar 0,379, dan dilihat dari df dimana 28 berada pada taraf atau rangking signifikansi statistik 5%, dan hasil tabel “r” = 0.361, dan pada taraf atau rangking signifikansi statistik 1%, hasil tabel “ r” = 0,463, dan rxy lebih besar dari < tabel r, dan besarnya hubungannya diberikan hasil rxy pada tabel (interpretasi kofisien korelasi “r”), sehingga pengaruhnya antara 0,599 - 0,40. Apabila faktor momennya tetap, maka besarnya hubungan penggunaan sarana ilustratif dalam pemahaman kosakata bahasa Arab di MTs Khozainul Ulum Lamongan adalah sederhana atau sedang.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

تأثير استخدام وسائل الإيضاح في استيعاب المفردات لدى الطلبة بمدرسة خزائن العلوم المتوسطة لامونجان: The influence of using educational teaching aids on students vocabulary mastery at Mts Khazainul Ulum Lamongan. (2024). AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 4(1), 27-39. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v4i1.4174