Analisis Daya Beda Tes Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi

Authors

  • Maziyyatul Muslimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Amila Widiyanti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i2.3594

Keywords:

Analisis Daya Pembeda, Soal Pilihan Ganda, Tes Bahasa Arab

Abstract

Kualitas butir soal pilihan ganda memiliki dampak signifikan pada evaluasi dan pengukuran pemahaman siswa terhadap materi pelajaran bahasa Arab. Dengan mengevaluasi kualitas butir soal, guru dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam penyusunan soal, serta meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab di SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dalam bentuk angka dan dianalisis melalui statistik menggunakan aspek pengukuran, perhitungan rumus dan kepastian data numerik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan butir soal pilihan ganda pada pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 butir soal pilihan ganda terdapat hasil sebagai berikut: 3 butir soal yang memiliki kriteria  sangat baik, yang menunjukkan bahwa soal dapat membedakan antara siswa yang memiliki kemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah. terdapat 1 soal yang memiliki kriteria baik. Ada 1 soal yang memiliki kriteria cukup. Dan terdapat 5 butir soal yang memiliki kriteria buruk.

Downloads

Published

2023-10-13

How to Cite

Analisis Daya Beda Tes Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Mamba’ul Hikmah Paron Ngawi. (2023). AL-MUARRIB JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 3(2), 67-77. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v3i2.3594